Senin, 06 Juni 2016

Skenario Pembelajaran IPS




Hertin Eka Rahmawati
Pendidikan IPS (A) 2014
14416241027


Revisi Skenario Pembelajaran
Materi “Keragaman Flora dan Fauna Indonesia”


Langkah-langkah Pembelajaran

Pembuka
1.      Guru menyampaikan salam pembuka, dan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
2.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik melalui presensi, serta menayakan kabar peserta didik.
3.      Apersepsi:
Guru menanyakan tentang jenis binatang dan jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggal peserta didik
4.      Guru memberikan kata-kata motivasi kepada peserta didik, agar dalam pembelajaran kali ini peserta didik dapat lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
5.      Guru menginformasikan tujuan pembelajaran untuk :
§  memahami keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia
§  mengklasifikasikan persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia
§  mendeskripsikan keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia
§  menyimpulkan penyebab adanya keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia








Kegiatan Inti
1.      Mengamati
Peserta didik diminta untuk mengamati peta konsep keragaman flora dan fauna yang ada di berbagai daerah di Indonesia yang telah disediakan oleh guru. Peta konsep tersebut berupa gambar keragaman flora yang didasarkan oleh banyak sedikitnya curah hujan serta iklim yang ada disuatu daerah serta peta konsep keragaman fauna yang didasarkan oleh keberagaman karakteristik yang dimiliki dan juga berdasarkan garis weber wallace. Selanjutnya guru mengarahkan peserta didik untuk memahami gambaran permasalahan tentang sebab adanya keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia. Setelah peserta didik mulai mencatat hal-hal yang ingin mereka ketahui, guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, pengelompokkan ini berdasarkan keragaman flora Indonesia serta berdasarkan keragaman fauna Indonesia.

2.      Menanya
Setelah peserta didik berada dalam kelompoknya masing-masing, peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya tentang peta konsep keberagaman flora dan fauna yang telah guru tampilkan di awal pembelajaran. Guru bisa langsung menjawab pertanyaan peserta didik ataupun melempar ke peserta didik yang lain, agar konsentrasi mereka masih tetap bisa terjaga.

3.      Mengumpulkan data / informasi
Setelah tidak ada pertanyaan yang ditanyakan kepada guru peserta didik diberi kesempatan untuk mengumpulkan data atau informasi yang berasal dari buku literatur yang telah mereka bawa, artikel yang tersedia, pengamtan di sekitar ataupun dari internet untuk menemukan jawaban tentang alasan adanya keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia. Selanjutnya hal ini didiskusikan didalam kelompoknya.

4.      Mengasosiasi
Peserta didik diminta untuk menyimpulkan hasil diskusi yang telah mereka diskusikan dengan kelompoknya, kesimpulan tersebut digambarkan dalam sebuah peta konsep di atas kertas manila yang sudah disiapkan oleh guru, yang didalam peta konsep tersebut menjelaskan keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia.

5.      Mengkomunikasikan
Guru meminta setiap kelompok untuk mlakukan kunjungan karya pada kelompok lain, dalam satu kelompok dibagi dua bagian (kelompok A dan kelompok B), kelompok A bertugas untuk menjelaskan peta konsep yang sudah mereka buat dalam diskusi kelompoknya kepada kelompok yang nantinya akan berkunjung kedalam kelompoknya. Kemudian kelompok B, akan bertugas untuk mengunjungi kelompok lain dan membuat pertanyaan, saran, kritik ataupun tanggapan dari apa yang sudah kelompok lain sajikan nanti. Dan nantinya antara peserta didik yang ada di kelompok A dan kelompok B saling bertukar jadi antara peserta didik yang satu dengan yang lain mempunyai pengalaman dan kesempatan yang sama.

Penutup
1.      Kesimpulan
Peserta didik berserta guru membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan dalam diskusi kelompok ataupun dalam kunjungan karya antar kelompok yang sudah peserta didik lakukan.
2.      Evaluasi
Guru memeberikan evaluasi kepada peserta didik, berupa kuis lisan kepada peserta didik, seperti
§  Sebutkan contoh flora yang terdapat di Indonesia bagian barat serta jelaskan alasannya
§  Sebutkan contoh fauna yang ada di daerah peralihan serta berikan ciri karesteristik yang dominan pada fauna tersebut
3.      Refleksi
Guru memberikan refleksi kepada peserta didik, misalnya:
§  Apakah pembelajaran tadi menyenangkan?
§  Pengetahuan berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran hari ini?
§  Bagaimana sikap kita kalau memperoleh pembelajaran yang baru?
4.      Tindak Lanjut
Guru memberikan tugas untuk setiap kelompok membuat paperscraft berupa binatang yang hampir punah, yang selanjutnya akan dikumpulkan dalam 2 minggu pada pertemuan yang sama dan jam yang sama.
5.      Penutup
Guru menutup pembelajaran dengan doa dan salam penutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar