Hertin
Eka Rahmawati
Pendidikan IPS (A) 2014
14416241027
Revisi
Skenario Pembelajaran
Materi
“Keragaman Flora dan Fauna Indonesia”
Langkah-langkah Pembelajaran
Pembuka
1.
Guru menyampaikan salam
pembuka, dan berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
2.
Guru memeriksa
kehadiran peserta didik melalui presensi, serta menayakan kabar peserta didik.
3.
Apersepsi:
Guru menanyakan tentang
jenis binatang dan jenis tumbuhan yang ada di sekitar tempat tinggal peserta
didik
4.
Guru memberikan
kata-kata motivasi kepada peserta didik, agar dalam pembelajaran kali ini
peserta didik dapat lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
5.
Guru menginformasikan
tujuan pembelajaran untuk :
§ memahami
keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia
§ mengklasifikasikan
persebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia
§ mendeskripsikan
keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia
§ menyimpulkan
penyebab adanya keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia
Kegiatan
Inti
1.
Mengamati
Peserta didik diminta
untuk mengamati peta konsep keragaman flora dan fauna yang ada di berbagai
daerah di Indonesia yang telah disediakan oleh guru. Peta konsep tersebut
berupa gambar keragaman flora yang didasarkan oleh banyak sedikitnya curah
hujan serta iklim yang ada disuatu daerah serta peta konsep keragaman fauna
yang didasarkan oleh keberagaman karakteristik yang dimiliki dan juga
berdasarkan garis weber wallace. Selanjutnya guru mengarahkan peserta didik
untuk memahami gambaran permasalahan tentang sebab adanya keberagaman flora dan
fauna yang ada di Indonesia. Setelah peserta didik mulai mencatat hal-hal yang
ingin mereka ketahui, guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok,
pengelompokkan ini berdasarkan keragaman flora Indonesia serta berdasarkan
keragaman fauna Indonesia.
2.
Menanya
Setelah peserta didik
berada dalam kelompoknya masing-masing, peserta didik diberi kesempatan untuk
bertanya tentang peta konsep keberagaman flora dan fauna yang telah guru
tampilkan di awal pembelajaran. Guru bisa langsung menjawab pertanyaan peserta
didik ataupun melempar ke peserta didik yang lain, agar konsentrasi mereka
masih tetap bisa terjaga.
3.
Mengumpulkan data /
informasi
Setelah tidak ada
pertanyaan yang ditanyakan kepada guru peserta didik diberi kesempatan untuk
mengumpulkan data atau informasi yang berasal dari buku literatur yang telah
mereka bawa, artikel yang tersedia, pengamtan di sekitar ataupun dari internet untuk
menemukan jawaban tentang alasan adanya keberagaman flora dan fauna yang ada di
Indonesia. Selanjutnya hal ini didiskusikan didalam kelompoknya.
4.
Mengasosiasi
Peserta didik diminta
untuk menyimpulkan hasil diskusi yang telah mereka diskusikan dengan
kelompoknya, kesimpulan tersebut digambarkan dalam sebuah peta konsep di atas kertas
manila yang sudah disiapkan oleh guru, yang didalam peta konsep tersebut
menjelaskan keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia.
5.
Mengkomunikasikan
Guru meminta setiap
kelompok untuk mlakukan kunjungan karya pada kelompok lain, dalam satu kelompok
dibagi dua bagian (kelompok A dan kelompok B), kelompok A bertugas untuk
menjelaskan peta konsep yang sudah mereka buat dalam diskusi kelompoknya kepada
kelompok yang nantinya akan berkunjung kedalam kelompoknya. Kemudian kelompok
B, akan bertugas untuk mengunjungi kelompok lain dan membuat pertanyaan, saran,
kritik ataupun tanggapan dari apa yang sudah kelompok lain sajikan nanti. Dan
nantinya antara peserta didik yang ada di kelompok A dan kelompok B saling
bertukar jadi antara peserta didik yang satu dengan yang lain mempunyai
pengalaman dan kesempatan yang sama.
Penutup
1.
Kesimpulan
Peserta didik berserta
guru membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan dalam diskusi
kelompok ataupun dalam kunjungan karya antar kelompok yang sudah peserta didik
lakukan.
2.
Evaluasi
Guru memeberikan
evaluasi kepada peserta didik, berupa kuis lisan kepada peserta didik, seperti
§ Sebutkan
contoh flora yang terdapat di Indonesia bagian barat serta jelaskan alasannya
§ Sebutkan
contoh fauna yang ada di daerah peralihan serta berikan ciri karesteristik yang
dominan pada fauna tersebut
3.
Refleksi
Guru memberikan
refleksi kepada peserta didik, misalnya:
§ Apakah
pembelajaran tadi menyenangkan?
§ Pengetahuan
berharga/baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran hari ini?
§ Bagaimana
sikap kita kalau memperoleh pembelajaran yang baru?
4.
Tindak
Lanjut
Guru memberikan tugas
untuk setiap kelompok membuat paperscraft berupa binatang yang hampir punah,
yang selanjutnya akan dikumpulkan dalam 2 minggu pada pertemuan yang sama dan
jam yang sama.
5.
Penutup
Guru menutup pembelajaran
dengan doa dan salam penutup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar